Rabu, 03 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia

  Bahasa menurut saya adalah alat komunikasi berupa bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia untuk menyampaikan suatu informasi.
   Pada era globalisasi akan menyentuh semua aspek kehidupan, termasuk bahasa. Bahasa yang semakin global dipakai oleh semua bangsa di dunia.
   Derasnya arus globalisasi di dalam kehidupan kita akan berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan bahasa sebagai sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan. Di dalam era globalisasi itu, bangsa Indonesia mau tidak mau harus ikut berperan di dalam dunia persaingan bebas, baik di bidang politik, ekonomi, maupun komunikasi.
   Selain itu bahasa Indonesia di dalam struktur budaya, ternyata memiliki kedudukan, fungsi, dan peran ganda, yaitu sebagai akar dan produk budaya yang sekaligus berfungsi sebagai sarana berfikir dan sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan.

   Eksistensi Bahasa Indonesia pada era globalisasi sekarang ini, jati diri bahasa Indonesia perlu dibina dan dimasyarakatkan oleh setiap warga negara Indonesia. Hal ini diperlukan agar bangsa Indonesia tidak terbawa arus oleh pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan bahasa dan budaya bangsa Indonesia karena bahasa indonesia merupakan identitas negara kita. Misalnya dengan tetap menggunakan bahasa indonesia yang benar dan tidak terpengaruh oleh kemajuan teknologi yang memakai bahasa asing.


Bahasa Indonesia Di Mata Internasional

1. Dijadikan Bahasa Resmi Ke-2 di Vietnam
Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City, Vietnam, mengumumkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua secara resmi pada bulan Desember 2007.
“Bahasa Indonesia sejajar dengan Bahasa Inggris, Prancis dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diprioritaskan.” 

2. Bahasa Indonesia dipelajari lebih dari 45 Negara di dunia
Banyaknya keragaman dan suku di Indonesia sangat menarik orang asing untuk mendatangi Indonesia sehingga mereka juga ingin belajar bahasa Indonesia.Tingginya minat orang asing belajar bahasa dan budaya Indonesia harus disambut positif. Kalau perlu Indonesia menambah Pusat Kebudayaan Indonesia di sejumlah negara.
 
3. Wikipedia bahasa Indonesia yang menduduki peringkat ke 26 di dunia dan Terbesar Ketiga di Asia
Menulis ensiklopedia bebas di internet semakin digemari masyarakat Indonesia. Bahkan ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia, Wikipedia Indonesia, telah menjadi ensiklopedia elektronik terbesar ketiga setelah Wikipedia berbahasa Jepang dan Mandarin.

Kesimpulannya :
   Bahasa Indonesia telah banyak diketahui dan sangat diminati oleh orang-orang asing, sehingga mereka juga dapat mengetahui kebudayaan Indonesia. Oleh karena itu, bahasa Indonesia telah disejajarkan dengan bahasa - bahasa lain sehingga bangsa Indonesia bisa bersaing di era globalisasi saat ini dan bisa melakukan persaingan bebas, mempromosikan produk Indonesia, menambah devisa negara, dan dapat mengadakan hubungan bilateral.

  Kita sebagai warga Indonesia harus bangga karena kita mempunyai kebudayaan yang beragam dan kita harus mempertahankan dan melestarikan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang mendunia.  Kalau bukan kita , siapa lagi ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar