Minggu, 14 Oktober 2012

Filsafat, Pengetahuan, dan Ilmu Pengetahuan

1.                 DEFINISI FILSAFAT
Filsafat adalah pandangan hidup seseorang atau sekelompok orang yang merupakan konsep dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan. Filsafat juga diartikan sebagai suatu sikap seseorang yang sadar dan dewasa dalam memikirkan segala sesuatu secara mendalam dan ingin melihat dari segi yang luas dan menyeluruh dengan segala hubungan.

2.                 DEFINISI PENGETAHUAN
Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan panca indera. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan indera atau akalnya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya. Atau dengan pengertian lain bahwa pengetahuan adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang.

3.                 DEFINISI ILMU PENGETAHUAN
Ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Segi-segi ini dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya.

Persamaan :
-Ketiganya mencari rumusan yang sebaik-baiknya, menyelidiki objek dengan lengkap sampai keakar-akarnya.
-Ketiganya memberikan pengertian mengenai hubungan yang ada antara kejadian-kejadian yang kita alami dan mencoba menunjukan sebab-sebanya.
-Ketiganya mempunyai metode dan sitem.
-Ketiganya hendak memberikan penjelasan tentang kenyataan seluruhnya timbul dari hasrat manusia (objektivitas), akan pengetahuan yang lebih mendasar.

Perbedaan :

Filsafat
Pengetahuan
IlmuPengetahuan
Mencoba merumuskan pertanyaan atas jawaban. Mencari prinsip-prinsip umum, tidak membatasi segi pandangan bahkan cenderung memandang segala sesuatu secara umum dan keseluruhan
Berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan panca indera
Ilmu pengetahuan adalah penguasaan lingkungan hidup manusia.
Keseluruhan yang ada
Mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya
Ilmu pengetahuan adalah kajian tentang dunia material.
Menilai obyek renungan dengan suatu makna, misalkan , religi, kesusilaan, keadilan dsb.
Diketahui atau disadari oleh seseorang.

Ilmu pengetahuan adalah definisi eksperimental

Tidak ada komentar:

Posting Komentar